Categories
Berita

Hal Penting, Mengapa Vaksin Difteri untuk Dewasa Diberikan

Pasti anda bertanya-tanya mengapa orang dewasa perlu mendapat vaksin difteri. Bukankah vaksin difteri hanya dikhususkan untuk anak-anak. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sendiri menghimbau orang dewasa yang tinggal disekitar penderita difteri untuk sccara mandiri mendapatkan vaksinasi di pusat kesehatan terdekat.

Sementara untuk anak-anak usia 1-19 tahun diwajibkan mendapatkan imunisasi dari program vaksinasi langsung Pemerintah Indonesia.

Mengapa vaksinasi difteri perlu diberikan kepada anak anak dan orang dewasa? Ternyata karena penularan penyakit difteri sangat mudah. Difteri disebarkan melalui udara ketika penderita sedang batuk, flu atau bersin-bersin. Orang sehat yang terpapar penyakit difteri akan mengalami gangguan pernafasan, gangguan saraf atau kelumpuhan, kemungkinan gagal jantung dan bahkan berujung pada kematian.

Vaksinasi diberikan di tubuh manusia agar timbul kekebalan melawan penyakit difteri dan pada anak-anak diberikan sejak usia bayi 2, 3, atau 4 bulan direkomendasikan wajib mendapat vaksin sesuai anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia. Termasuk vaksin difteri.

Sementara bagi orang dewasa, beberapa hal penting mesti diperhatikan. Jika anda termasuk ke dalam kategori di bawah ini. Berarti anda dianjurkan mendapat vaksin difteri untuk orang dewasa:

1. Orang dewasa yang belum pernah sama sekali menerima vaksinasi difteri

Jika rekam medis anda sejak usia balita belum pernah mendapat vaksinasi difteri. Anda dianjurkan segera memvaksin diri dan menghubungi pusat layanan kesehatan terdekat.

2.Orang dewasa yang lupa dengan catatan rekam medisnya

Walaupun anda lupa apakah pernah divaksin atau tidak. Anda dianjurkan untuk menghubungi pusat layanan kesehatan untuk memastikan mendapat vaksinasi lanjutan. Atau mendapat arahan khusus dari dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *