Categories
Pendidikan

Mengenal Letak Astronomis Jerman di Eropa Barat

Letak Astronomis Jerman – Jerman adalah sebuah negara yang secara geografis terletak di benua eropa, tepatnya di eropa barat.

Secara geografis, jerman berbagi perbatasan dengan negara-negara seperti Polandia, Austria dan Perancis, serta berbagi laut dengan negara negara skandinavia seperti Finlandia dan juga swedia.

Sementara letak astronomis jerman berada di posisi utara garis khatulistiwa dengan posisi 47 derajat lintang utara dan 55 derajat lintang utara. Serta berada di sebelah kanan garis greenwich yang berarti berada di sebelah timur garis bujur, yaitu 6 derajat bujur timur sampai 15 derajat bujur timur.

Mengenal Letak Astronomis Jerman

Letak negara Jerman

Letak astronomis jerman yang berada di atas garis khatulistiwa dan berada di sebelah timur garis bujur menyebabkan jerman berada di dalam negara negara sub tropis yang mempunyai empat musim.

Dibandingkan dengan negara negara khatulistiwa yang mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan seperti Indonesia, Malaysia, Brazil. Maka negara negara empat musim seperti jerman, perancis, austria dan Belgia berada di atas garis khatulistiwa. Mereka mempunyai musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin.

Letak astronomis jerman ini juga menyebabkan jerman mengalami penyesuaian dengan jadwal libur perkuliahan dan jadwal masuk perkuliahan. Jadi bagi anda yang sedang atau berencana melanjtkan studi di negara jerman. Anda wajib memperhatikan hal hal tersebut, termasuk kapan waktu musim musim tersebut.

Kenapa perlu mengetahui sampai mendetail?

Karena dengan mengetahui kapan jadwal jadwal musim di jerman akan memudahkan anda menyesuaikan pakaian yang anda kenakan ketika mendarat di jerman nantinya. Tidak lucu kan ketika anda mendarat di bulan desember yang masuk musim dingin ternyata anda lupa membawa jaket, atau letak jaket berada di dalam bagasi yang susah untuk dijangkau.

Selain persiapan soal pakaian, letak astronomis jerman berpengaruh dengan jadwal perkuliahan. Misalnya anda yang ingin mengajukan aplikasi ke negara jerman wajib memperhatikan jadwal masuk yang biasanya dilakukan di awal bulan januari hingga maret atau pertengahan agustus dan september. Hal ini menyesuaikan dengan jadwal musim di jerman. Dimana biasanya musim panas dan musim dingin mengalami jadwal liburan yang cukup panjang.

Kenapa musim panas dan musim dingin mengalami jadwal liburan yang panjang? Karena orang orang jerman pada umumnya ketika musim panas akan mengambil cuti liburan panjang untuk merilekskan pikiran mereka dari pekerjaan dan juga perkuliahan. Hal ini wajar karena orang jerman memaksimalkan waktu kerja mereka dan juga memaksimalkan ketika liburan tiba.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Kursus TOEFL

Lalu ketika musim dingin tiba, biasanya beberapa perkuliahan tetap berlangsung tetapi ada juga yang mengalami liburan panjang ketika bertepatan dengan liburan natal dan tahun baru yang bisa mengalami liburan panjang hingga dua minggu.

Pada liburan ini biasanya banyak keluarga jerman merayakan natal dan tahun baru bersama dengan keluarga. Anda yang menjadi pelajar di jerman biasanya akan diajak untuk merayatakan di beberapa keluarga jerman yang dekat dengan anda.

Dan biasanya di dalam rumah mereka ada desain yang khas dan berbeda dengan desain rumah orang orang yang berada di Indonesia, karena di Jerman lebih banyak menggunakan sumber energi alami pada kaca jendela sehingga bisa menghemat listrik.

Nah, konsekuensi lainnya adalah ketika musim liburan di musim panas dan musim dingin tiba adalah naiknya harga tiket pesawat dan transportasi. Jadi bagi anda yang berada di jerman pada saat liburan tersebut atau menjelang liburan, pikirkan untuk kembali ke tanah air. Karena biasanya harga tiket pesawat melonjak karena banyaknya pesanan warga jerman yang akan berlibur ke beberapa daerah dan juga luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *