Categories
Rumah

Panduan Membeli Hunian Pertama Bagian 3

Legalitas Dan Pengembang

Sebelum memutuskan untuk membayarkan uang muka, Anda periksa terlebih dahulu keabsahan legalitas dari calon hunian Anda. Pastikan sertifikasi tanah atau bangunan yang Anda beli tidak bermasalah. Reputasi pengembang pun wajib Anda telusuri, jangan mudah tergiur dengan diskon dan kemudahan yang ditawarkan pengembang.

Baca juga : Distributor Genset 250 Kva di Semarang

Spesifikasi

Spesifikasi yang dimaksudkan adalah penggunaan material dan bahan bangunan, kapasitas ketersediaan listrik dan air bersih, kelengkapan ruang tidur, dan kamar mandi. Hal-hal tersebut tidak boleh luput dari perhatian Anda.

Konsep Dan Desain

Konsep dalam hal ini menyangkut fasilitas umum dan sosial. Apakah kompleks hunian yang Anda inginkan telah dilengkapi fasilitas umum, seperti rumah sakit, sekolah, pasar/pusat belanja, atau fasilitas lainnya yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari? Desain pun demikian. Desain hunian sebaiknya disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Pemeliharaan lingkungan, seperti sampah dan taman, pun perlu diperhatikan.

Pemikiran Penting

Sebelum mendapatkan hunian idaman, akan mengungkap proses apa saja yang harus Anda lalui dalam memilih rumah pertama.

1.  Sebelum Membeli Hal penting yang harus Anda tanyakan ke diri sendiri adalah apa tujuan Anda tinggal? Apakah akan tinggal dalam jangka waktu yang lama dengan status kepemilikan sendiri, sekadar investasi, atau disewakan? Untuk menjawabnya, Anda harus mencari tahu jenis hunian yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Ada beberapa pilihan ketika Anda ingin membeli hunian; rumah untuk keluarga kecil, rumah untuk keluarga besar, atau apartemen. Setiap opsi memiliki plus-minusnya, tergantung dari tujuan dan kebutuhan Anda. Selanjutnya, Anda harus kembali memilih, lokasi hunian yang Anda inginkan, apakah apartemen tengah kota atau rumah tapak di pinggir kota?

2. Proses Membeli Bila sudah memutuskan memilih jenis hunian, saatnya Anda mencari lokasi hunian yang sesuai dengan kebutuhan. Cara cepatnya, Anda bisa mencari hunian di internet. Setelah berhasil menemukan hunian, maka Anda harus mengecek lokasi dan mencari tahu informasi tentang hunian tersebut. Bila oke, lakukan kesepakatan harga dengan pihak pengembang. Anda bisa menentukan sistem pembayaran yang sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *