Categories
Rumah

Panduan Membeli Hunian Pertama Bagian 4

Saat ini sudah ada sistem kalkulator KPR online yang dapat membantu Anda menghitung kebutuhan KPR Anda. Setelah mengajukan KPR ke bank, maka Anda harus melalui proses interview. Interview inilah yang nantinya akan menjadi salah satu penilaian penting apakah KPR Anda akan diberikan atau tidak. Jawab setiap pertanyaan secara jujur dan terbuka. Ini untuk menghindari masalah di kemudian hari.

Baca juga : Distributor resmi Genset 500 Kva di Makassar

Kiat Sukses Membeli Rumah Pertama

Ini dia beberapa tip singkat yang dapat membantu Anda mendapatkan hunian pertama tanpa bermasalah.

Selidiki Area Hunian

Sebelum membeli pastikan Anda mencari tahu seluk-beluk hunian yang akan Anda tempati. Cek apakah lokasinya berdekatan dengan pusat pendidikan dan kesehatan atau tidak. Cek pula apakah lokasi tersebut sering terjadi tindak kriminal, seperti perampokan atau lainnya.

Survei, Penting!

Survei adalah cara jitu untuk mengetahui kondisi calon hunian Anda. Tidak ada salahnya membawa seseorang yang ahli dalam bidang bangunan untuk membantu proses pengecekan. Anda akan tahu seberapa murah atau mahal harga rumah tersebut setelah dilakukan proses pengecekan ini. Bila tak ada kerusakan, maka ongkos perbaikan pun akan berkurang.

Jangan Lupa Difoto

Saat melakukan pengecekan atau survei, jangan lupa untuk mengambil gambar rumah dengan ponsel Anda. Melihat kembali gambar calon hunian Anda dan memberi catatan kecil di dalamnya akan membantu Anda membuat keputusan.

Datang Di Hari Berbeda

Sebelum akhirnya memutuskan hunian yang Anda pilih, datanglah lagi ke lokasi hunian tersebut di hari dan jam yang berbeda. Masalah hunian mungkin akan lebih mudah ditemui di siang hari, tetapi siapa tahu Anda akan menemukan sesuatu yang baru di jam dan waktu yang berbeda.

Jangan Andalkan 1 Pengembang

Jangan hanya terpaku pada satu pengembang. Lihat juga beberapa perumahan dari pengembang yang berbeda. Ini akan membantu Anda membandingkan antarrumah satu dengan rumah lainnya.

Sebelum membeli Hunian, cek terlebih dahulu daftar berikut ini :

Area Rumah

Luas lahan, Jumlah ruang tidur, Jumlah kamar mandi, Area Penyimpan Garasi/carport, Kondisi Interior, Luas halaman/taman, Kondisi pagar, Teras, Efisiensi Energi, Kondisi Eksterior (fasad dll)

Cek Lingkungan Sekitar

Area parkir, Penampilan lingkungan keseluruhan, Lalu lintas dan tingkat kebisingan, Pengelolaan sampah, Sekolah: kendaraan umum/jalan kaki, Jarak ke sekolah, Lingkungan sekolah, Fasilitas kompleks, Jarak ke lokasi kerja, Daycare/preschool (tulisan miring), Transportasi publik, Kondisi jalan utama, Toko atau pusat perbelanjaan, Fasilitas kesehatan, Layanan masyarakat, Tempat ibadah, Lokasi ke bandara/stasiun kereta api

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *