Categories
Tekno

Sapphire R7 250 Harga Ekonomis, Performa Miris

Salah satu graphics card yang hadir da lam lab pengujian CHIP kali ini adalahR7 250 besutan Sapphire. Sebelumnya, terlebih dahulu ingin menjelaskan bahwa Sapphire menyediakan seri R7 250 dalam dua jenis, yaitu versi standar dan versi with boost. Pilihan memori 1 GB dan 2 GB juga tersedia di pasaran. Seperti yang sudah kita ketahui, seri R7 250 memang ditujukkan kepada konsumen yang memerlukan graphics card dengan performa yang lumayan tetapi tidak dibanderol dengan harga yang berlebihan.

Setelah menguji produk ini, mungkin Anda harus berpikir ulang jika ingin membelinya. Panel Circuit Board graphics card ini memiliki panjang 145mm yang sebagian besar ditutupi oleh sebuah heatsink dan kipas berlogo Sapphire. Namun, ketersediaan jenis konektor ke monitornya cukup lengkap. Selain DVI dan D-Sub, produk ini juga menyediakan konektor HDMI. Artinya, R7 250 sanggup menampilkan visual beresolusi 1080p walaupun tidak maksimal, ditambah dukungan untuk berbagai jenis monitor dengan ketersediaan konektor yang terbatas.

Sapphire R7 250 dapat beroperasi tanpa menggunakan daya tambahan. Bagaimana dengan performanya? Walaupun telah menggunakan embel-embel “with boost”, Sapphire Radeon R7 250 berkekuatan 2 GB ini tidak bisa memenuhi ekspektasi CHIP. Hal ini sudah dapat terlihat pada pengujian dengan 3DMark kategori Fire Strike. Skor yang dihasilkan hanya terpaut sekitar 16 poin lebih tinggi dari seri dibawahnya, Sapphire R7 240 yang juga menyandang embel-embel “with boost”. Ini tidak berbanding lurus dengan harganya yang lebih mahal dari varian R7 240.

Graphics card ini tidak akan cocok untuk bermain game berat pada resolusi full HD. Dalam data teknis yang CHIP telah sediakan, terlihat bahwa Sapphire R7 250 2GB With BOOST tidak bisa menghasilkan frame mencapai 30 per detik saat memainkan game GRID 2. Performanya juga semakin menurut saat memainkan game-game yang menuntut rendering yang lebih tinggi. Tidak ada jaminan bahwa akan ada peningkatan performa saat menurunkan kualitas visual ke setting medium atau low.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *