Categories
Berita

Seni Mengelola Manusia

Bekerja di perusahaan beken lagi bonafide tidak serta-merta membuat Ganesh Pamugar Satyagraha menikmati kenyamanan dan kepuasan dalam berkarya. Country Head Crop Protection PT BASF Distribution Indonesia ini merasa ada potensi yang belum tergali secara optimal.

Apa yang dicari pria yang merintis karier sebagai ekonom Asian Development Bank (ADB) itu? Telusuri kisahnya. Menyentuh Masyarakat Bekerja bukan sekadar menghasilkan sejumlah uang. Menurut Ganesh, bekerja berarti berkarya, mewariskan peninggalan bermanfaat bagi diri, masyarakat, dan lingkungan.

Sarjana Ekonomi lulusan Universitas Padjadjaran ini lantas mendedikasikan diri di ADB pada Juni 1999 dan melakukan analisis sosial dan perubahan ekonomi di Indonesia Timur. Seiring waktu, ia merasa ada sesuatu yang kurang. “Saya nggak bisa all out (penuh semangat). Kalau nggak all out, hasil kerjanya juga kurang maksimal,” jelasnya.

Ganesh berpikir, kiprahnya tak langsung menyentuh masyarakat karena di luar sistem. “Di Indonesia yang mengambil kebijakan itu Bappenas, kepala daerah. Kita cuma bisa kasih rekomendasi yang belum tentu diaplikasikan,” urainya.

Dia pun memutuskan berhenti dari ADB dan memulai karier sebagai salesman di distributor barang konsumsi terkemuka. “Saya keliling Jakarta bawa motor boks. Saya drop ke kios-kios kecil di pinggir jalan dan uang makan di ADB itu sama dengan gaji penuh di sales plus insentif,” paparnya terbahak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *