Categories
Pendidikan

Yuk, Liburan!

Kondisi kesehatan yang makin baik, nafsu makan yang bertambah, adanya kebutuhan membeli pakaian yang tepat sesuai dengan usia kehamilan, tampaknya menjadi alasan tepat untuk Mama jalan-jalan. Kondisi janin yang sudah semakin kuat, namun belum terlalu tua, membuat mamil masih leluasa untuk berpergian dengan beragam moda transportasi, sehingga liburan di dalam kota hingga luar negeri tak menjadi masalah. Hanya saja perhatikan beberapa hal yang bisa menunjang kenyamanan Mama saat berjalan-jalan:

Baca juga : tes toefl Jakarta

  • Posisi tubuh tepat. Selain memilih busana dan alas kaki yang sesu ai, postur tubuh yang tepat bisa membuat perjalanan Mama jadi lebih nyaman. Saat berjalan, pastikan tulang punggung tegak lurus, tak condong ke belakang walau perut sudah semakin membesar, untuk menghindari terjadinya nyeri punggung. Karena sendisendi mulai melakukan peregangan selama kehamilan, hindari pula melakukan gerakan yang tiba-tiba, misalnya mengambil benda jatuh dengan cara membungkuk. Lakukan semua dengan perlahan, pastikan tulang punggung tetap lurus sehingga tak ada penekanan apa pun di perut. Hindari pula posisi berdiri lama, karena bisa menghambat aliran darah ke jantung maupun janin. Sebab, lewat darah Mama, janin mendapat oksigen dan nutrisi.

  • Bolehkah naik pesawat? Selama kondisi kehamilan Mama sehat dan telah mendapat “permisi” dari dokter kandungan, naik pesawat terbilang aman di trimester 2. • Bolehkan menyetir sendiri? Perubahan hormon sa at hamil bisa membuat tingkat kewaspadaan Mama berkurang, sehingga untuk perjalanan jauh dengan mobil sebenarnya tak dianjurkan. Namun, bukan berarti tidak boleh . Hanya saja Mama perlu menyetir dengan lebih hati-hati. Selain itu, bila terasa nyeri di bagian perut saat menyetir, sebaiknya istirahat sejenak, ya, Ma. Ditakutkan terjadinya kontraksi berlanjut pada rahim.

Posisi ini membuat mamil berada dalam keadaan tidur menyamping, sehingga perut Mama yang semakin besar dapat tersangga dengan baik oleh matras. Terasa sangat nyaman seperti sedang beristirahat. • Papa jangan dulu mengeluarkan sperma di dalam. Pasalnya, sperma mengandung zat prosta gladin yang bisa memicu kontraksi pada rahim.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *